Manfaat Sujud dalam Sholat bagi Kesehatan

Posted by Love Islam Jumat, 01 Februari 2013 0 komentar

LOVE ISLAM - Mungkin banyak di kalangan umat Islam tidak sadar mengenai berbagai hikmah yang tersembunyi ketika sujud. Padahal, kita perlu sadari bahwa tiada sesuatu pun ciptaan dan perintah Allah SWT yang sia-sia, malah setiap ciptaan dan perintah itu mempunyai kelebihan yang selalu tidak terjangkau oleh akal manusia. Kita diperintahkan untuk shalat, dan di dalam shalat kita terdapat gerakan-gerakan yang sudah ditentukan oleh Allah. Allah yang telah menciptakan kita, maka hanya Dia lah yang Maha Mengetahui bagaimana tubuh kita dan bagaimana cara merawatnya. Manusia melakukan sujud dalam dua bentuk, yaitu sujud fisik seperti ketika sholat dan sujud spiritual berbentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT dan menjauhi larangan Nya. Ulama mengatakan sujud ketika sholat adalah waktu dimana manusia berada paling hampir dekat dengan Allah SWT dan mereka menyarankan kita untuk bersujud lebih lama.

 Dr Fidelma O'Leary, Phd Neuroscience dari St Edward's University, mendapati fakta mengenai manfaat sujud bagi kesehatan. Dalam kajiannya ditemukan ada beberapa urat syaraf di dalam otak manusia yang tidak dimasuki darah, dan urat ini baru bisa dimasuki darah pada saat manusia sujud. Tetapi urat saraf ini hanya memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja, yaitu pada waktu-waktu shalat yang telah ditetapkan (subuh, zuhur, ashar, maghrib, 'isya). Pada saat sujud, pembuluh darah nadi balik, dikunci di pangkal paha, sehingga tekanan darah akan lebih banyak dialirkan kembali ke jantung dan dipompa ke kepala. Posisi sujud adalah cara yang maksimal untuk mengalirkan darah dan oksigen ke otak dan anggota tubuh ke kepala. Subhanallah... Jadi, siapa yang tidak shalat, maka urat ini tidak menerima darah, sehingga otaknya tidak berfungsi secara normal. Karena letak otak di atas jantung, maka kata Prof Hembing, jantung hanya mampu membekalkan 20% darah ke otak manusia, jadi dibantu dengan sujud yang lebih lama agar menambah kekuatan aliran darah ke otak (Nabi SAW menyuruh agar kita sujud lama-lama di raka'at terakhir, sambil banyak meminta semua keinginan kita).

Manfa'at sujud bagi kesehatan di antaranya adalah:
1. Organ terpenting yaitu otak, yang merupakan pusat pengatur dari seluruh kegiatan manusia akan menerima banyak asupan darah dan oksigen melalui sujud. Hal ini akan menghindarkan pusing dan migrain, menajamkan akal pikiran (peka), meningkatkan mentalitas seseorang. Selain itu juga membuat pembuluh darah halus di otak mendapat tekanan lebih, sehingga bisa mencegah stroke

2. Teknik terbaik untuk membongkar sumbatan pembuluh darah jantung sehingga mencegah penyakit jantung koroner

3. Melegakan sistem pernapasan

4. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali

5. Sujud memberi menguntungkan kepada wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila, otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami ia justru lebih elastis.

6. Memperbaiki posisi bayi sungsang

7. Mengurangi sakit saat haid

8. Menggerakkan otot bahu, dada, leher, perut serta punggung ketika akan sujud dan bangun dari sujud. Pergerakan otot ini akan menjadikan otot lebih kuat dan elastis, juga akan memperlancar peredaran darah

9. Memberi kemudahan untuk tidur

10. Mampu mengurangi kegemukan

11. Memudahkan wanita saat menyusui bayinya

12. Dari segi psikologi pula, sujud membuatkan kita merasa rendah diri di hadapan Yang Maha Pencipta, Allah SWT, sekaligus mengikis sifat sombong, riya, dan sebagainya.

Subhanallah, begitu banyak manfaat dari sujud bagi kesehatan tubuh kita, tentunya hanya Allah SWT Sang Maha Pencipta yang benar-benar mengetahui apa saja yang terbaik bagi hamba-hambanya

Sumber :
unikdong.blogspot.com
arumsekartadji.wordpress.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Sujud dalam Sholat bagi Kesehatan
Ditulis oleh Love Islam
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://loveislaminfo.blogspot.com/2013/01/manfaat-sujud-dalam-sholat-bagi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of I Love Islam.